Ciri-ciri Bisnis Online yang Aman dan Terpercaya
Ciri-ciri Bisnis Online yang Aman dan Terpercaya - Bagi sebagian orang, masih belum percaya dengan bisnis online seiring sering terjadi penipuan. Meraka sebenarnya tertarik dengan produk yang kita tawarkan, tapi masih takut untuk bertransaksi. Itu wajar, mengingat knsumen tidak berhadapan langsung dengan penjual. Berbeda dengan situasi di pasar.
Kunci sukses bisnis online salah satunya adanya rasa percaya dari konsumen untuk berani transaksi. Namun, konsumen bisa menganalisa sendiri mana yang dapat di percaya dan mana yang penipuan.
Sebagia bisnis baru, hal pertama yang di lakukan hanyalah memperkenalkan diri untuk mendapatkan reputasi baik. Masalah penjualan sebaiknya jangan di fikirkan dahulu meskipun itu penting. Buatlah konsumen nyaman dengan kita dengan memberikan pelayanan terbaik supaya mereka tidak ragu memutuskan membeli produk yang di tawarkan.
Tampilkanlah berbagai informasi seputar bisnis dan identitas Anda agar konsumen dapat menghubungi seperi alamat, no telepon, email atau akun media sosial.
2. Tampilkan produk secara rinci
Apabila bisnis online anda menggunakan website, maka tampilkan produk dengan deskripsi secara lengkap. Jika produk berupa barang fisik, fotolah menggunakan kamera berkualitas baik agar hasilnya maksimal. Jika perlu, minta bantuan fotografer untuk mempotret produk dan jangan lupa tampilkan rincian seperti jenis bahan, berat dan lainnya.
3. Pelayanan baik dan cepat
Terkadang, pelanggan membutuhkan respon cepat dari pemilik usaha. Apalagi bisnis yang Anda kelola masih baru jadi wajar konsumen banyak mengajukan pertanyaan seputar produk. Tugas anda hanyaah layani semaksimal mungkin walau ujungnya tidak membeli produk. Setidaknya ada nilai positif dari konsumen.
4. Gunakan fasilitas rekening bank
Sebagain besar, transaksi bisnis online di lakukan menggunakan rekening. Usahakan sediakan beberapa rekening berbeda bank untuk mempermudah proses transaksi. Jika hanya satu saja, konsumen akan mendapat biaya tambahan ketika transfer antar bank.
5. Gunakan jasa pengiriman terpercaya
Proses pengiriman barang sebaiknya di serahkan jasa kurir terpercaya. Anda bisa menanfaatkan JNE, TIKI, Pos atau lainnya. Jika proses transaksi berhasil dan barang sudah di kirim, secepatnya beri no resi kepada pelanggan untuk mengecek proses tracking barang.
6. Tersedia garansi
Sebaiknya di beri fasilitas garansi baik pengembalian uang atau barang. Tujuannya kemungkinan konsumen ada komplain misal barang rusak, maka bisa di ganti dengan yang baru atau salah kirim maka konsumen berhak menggunakan garansi tersebut.
7. Minta testinomi
Bagi bisnis baru mungkin belum ada testimoni dari konsumen. Namun jika ada maka tampilkan testimoni terbaik dan pasang di halaman toko online Anda. Jangan pernah menampilkan testimoni palsu yang akan membahayakan bisnis anda sendiri.
Kunci sukses bisnis online salah satunya adanya rasa percaya dari konsumen untuk berani transaksi. Namun, konsumen bisa menganalisa sendiri mana yang dapat di percaya dan mana yang penipuan.
Sebagia bisnis baru, hal pertama yang di lakukan hanyalah memperkenalkan diri untuk mendapatkan reputasi baik. Masalah penjualan sebaiknya jangan di fikirkan dahulu meskipun itu penting. Buatlah konsumen nyaman dengan kita dengan memberikan pelayanan terbaik supaya mereka tidak ragu memutuskan membeli produk yang di tawarkan.
Tips sukses membuat bisnis online dapat di percaya
1. Berikan informasi bisnisTampilkanlah berbagai informasi seputar bisnis dan identitas Anda agar konsumen dapat menghubungi seperi alamat, no telepon, email atau akun media sosial.
2. Tampilkan produk secara rinci
Apabila bisnis online anda menggunakan website, maka tampilkan produk dengan deskripsi secara lengkap. Jika produk berupa barang fisik, fotolah menggunakan kamera berkualitas baik agar hasilnya maksimal. Jika perlu, minta bantuan fotografer untuk mempotret produk dan jangan lupa tampilkan rincian seperti jenis bahan, berat dan lainnya.
3. Pelayanan baik dan cepat
Terkadang, pelanggan membutuhkan respon cepat dari pemilik usaha. Apalagi bisnis yang Anda kelola masih baru jadi wajar konsumen banyak mengajukan pertanyaan seputar produk. Tugas anda hanyaah layani semaksimal mungkin walau ujungnya tidak membeli produk. Setidaknya ada nilai positif dari konsumen.
4. Gunakan fasilitas rekening bank
Sebagain besar, transaksi bisnis online di lakukan menggunakan rekening. Usahakan sediakan beberapa rekening berbeda bank untuk mempermudah proses transaksi. Jika hanya satu saja, konsumen akan mendapat biaya tambahan ketika transfer antar bank.
5. Gunakan jasa pengiriman terpercaya
Proses pengiriman barang sebaiknya di serahkan jasa kurir terpercaya. Anda bisa menanfaatkan JNE, TIKI, Pos atau lainnya. Jika proses transaksi berhasil dan barang sudah di kirim, secepatnya beri no resi kepada pelanggan untuk mengecek proses tracking barang.
6. Tersedia garansi
Sebaiknya di beri fasilitas garansi baik pengembalian uang atau barang. Tujuannya kemungkinan konsumen ada komplain misal barang rusak, maka bisa di ganti dengan yang baru atau salah kirim maka konsumen berhak menggunakan garansi tersebut.
7. Minta testinomi
Bagi bisnis baru mungkin belum ada testimoni dari konsumen. Namun jika ada maka tampilkan testimoni terbaik dan pasang di halaman toko online Anda. Jangan pernah menampilkan testimoni palsu yang akan membahayakan bisnis anda sendiri.
Posting Komentar untuk "Ciri-ciri Bisnis Online yang Aman dan Terpercaya"